Sunday, February 19, 2012

Sate Babi Khas Bali

Saya memang bukan penggemar daging babi (pork).. Tapi ada 2 jenis makanan dari si biba ini yg ga bs saya tolak dan selalu bikin ngiler : Pork Ribs dan Sate Babi.. Pork Ribs dengan saus BBQ yg enak, sapa sih yg bisa nolak.. Sama jg dengan sate biba, mau diolah ala Chinese or Bali, saya sama2 demen.. hehehe..

Kali ini saya mau review tentang Sate Babi, dimana banyak banget yg jualan di Bali ini.. Sebenarnya dulu, waktu saya masih kecil dan imut2 (hehehe), yang lebih banyak dijual adalah Sate Penyu.. Karena memang dulu penyu masih banyak, dan masih bebas di konsumsi.. Kalau sekarang, hampir semua berganti jd daging babi, dengan bumbu yang sama.. Walaupun masih ada yg ngaku2 kalau yg dipakai daging penyu, kayak di Tanah Lot..

Sate Babi yg paling enak di Bali, kalau menurut saya, ada di Legian dan di Jl. Patimura Denpasar.. Yang di Legian, ada di tikungan Jalan Legian kalau dari Pantai Kuta.. Jadi letaknya di sebelah kiri pertigaan, kalau ke kanan ke Legian, kalau ke kiri ke Central Parkir Kuta.. Tempat nya sederhana sekali.. Di tanah kosong, dimana cuma ada kursi2 plastik, dan ibu2 yg lagi bakar sate dengan peralatan sederhana.. Sate Babi ini biasa dimakan dengan ketupat (di Bali bilang nya tipat) dan garam yg dicampur dengan lombok.. Dijamin 1 porsi pasti kurang.. Saya selalu nambah sate nya lg (tanpa tipat).. hehehe..







Berhubung ke Legian agak jauh, belum ditambah bonus macet, maka nya saya seringan beli yg di Jl. Patimura.. Jadi letaknya di dekat pertigaan GOR Ngurah Rai Denpasar.. Ada dua penjual yg letaknya berdekatan.. Yang lebih lama jualan nya, yg letaknya lebih dekat ke GOR.. Tapi kalau soal rasa, enakan yg letaknya pertama, yg jualan nya di depan Kantor Akuntan Publik.. Yang ini, bumbu nya lebih enak dan meresap, daging nya empuk dan lemaknya sedikit.. Per porsi harga nya 5k.. Isinya sembilan tusuk (tanpa tipat).. Murmer banget kan.. Ga heran, kadang harus antri lama, belum lg kalau ada orang yg borong ratusan tusuk.. hmmmm..












10 comments:

  1. Woow...looks delicious
    sayang sy tdk tinggal di Bali..

    ReplyDelete
  2. kalau ke Bali jangan lupa di coba ya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hellow nat minta petunujuk lebih jelas sate babi yg di legian boleh ? Aku taun baru di bali. Thanks

      Delete
    2. hai.. biar lebih gampang, cari dulu pantai kuta.. ikutin aja main road nya, sampai ujung, ntar ada tikungan ke kanan, dan ada lampu setopan, itu perempatan, kalau ke kiri ke seminyak, ke kanan ke legian.. ini kita ambil yang lurus ya.. tinggal ikutin jalan itu, nanti ketemu pertigaan lagi.. dan sate babi itu ada di kiri jalan persis di pertigaan..
      kalau belum ketemu, tanya ke orang2 aja.. semua pd tau, krn udah terkenal.. biasanya orang sini nyebut nya Sate Tikungan Legian atau Sate Babi Lapangan Puri Legian..

      Delete
  3. Kalo aku boleh kasih pendapat, menurutku sate babi yang enak di Pantai Petitenget. Tapi sebenernya babi diapain aja enak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, malah belum pernah tau ada sate babi enak di petitenget.. jualan nya di pantai sebelah mana nya?? ^_^

      Delete
    2. Wah aku baru ngeh kl ada balasan. Hehehe sdh setahun lebih baru mampir ksini lg. Di dlm pantai Petitenget yg jual sate cm 1. Aku smp beli 300 tusuk utk dibawa ke Jkt. Tp ternyata ada yg lbh enak lagi lho, yaitu di Jl.Gn. Sanghyang. Dr Jl.Ry.Kerobokan, perempatan Muding sebelah kanan jalan. Jualnya cuma duduk dipinggir jalan. Gak nyangka enak deh. Tp kl kata suamiku tetep lbh enak yg di Petitenget.

      Delete
    3. i see, ntar mau cobain yg di gunung sanghyang aja.. hehehe.. semua sate babi di bali sih rata-rata enak, tergantung selera aja.. yg di legian itu sudah terlalu panjang antrian nya.. jd udh ga pernah kesana..

      Delete
  4. kalau lewat seputaran ubud ,,, mampir di mie obonk tebongkang ubud,,,,,, special ,mie pedas.... soal rasa jangan diragukan lagu..... thanksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih info nya dan terimakasih sdh mampir di NatInBali.. ^_^

      Delete